di depan satelit

Selama tanggal 8-19 Juni 2009 aku mengikuti bimtek “Pengolahan dan Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh untuk Pembuatan Basis Data Spasial Kab. Sampang” Kerja sama antara LAPAN (Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional) dengan Pemkab. Sampang.

Disini aku diajarkan tentang Remote Sensing (penginderaan jauh) atau dalam teorinya disebut ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang suatu obyek, daerah atau fenomena melalui analisis data yang diperoleh dengan suatu alat tanpa kontak langsung dengan obyek, daerah yg dikaji.

Jadi disini kami mengolah hasil citra satelit dari low resolution sampai high resolution. Foto citra satelit itu kemudian diolah dengan software ER-Mapper dan Arc View untuk menghasilkan peta dan data yang memberi informasi sesuai kebutuhan.

Belajar ER-Mapper dan Arc View bukanlah hal yang mudah dengan waktu yang sangat terbatas itu. Apalagi tanpa pengetahuan ilmu geografi dan teori teori yang mendasar tentang penginderaan jauh. Jadi banyak hal yang masih lupa-lupa ingat untuk menjalankan program tersebut. Tanpa bimbingan dan latihan lebih lanjut tentu akan sulit untuk menerapkan ilmu itu sesampai di kantor. Apalagi kemampuan komputer yang ada di kantor berbeda dengan komputer yang digunakan disini.

3623377941_707419b24b_m

DSC06113