Kayaknya besok beberapa kantor swasta akan ditinggalkan karyawannya barang sehari. Seperti adikku yang kerja di swasta juga minta ijin gak masuk untuk ikut tes cpns. Jadi ingat dulu waktu tes cpns hanya tinggal team leader aja yang tinggal diruangan, lainnya menyebar ke beberapa daerah untuk ikut tes. Barenganku yang beruntung salah satunya keterima di Batu, aku sendiri harus nyebrang pulau, untung saat itu pacarku mau ikut juga, jadi ada temen.

Mungkin hal yang sama besok juga akan terjadi, tementemen lama berpamitan hari ini, trus besok semua pergi menentukan nasibnya sendiri2.

Bila suatu perusahaan menganggap karyawan adalah asset, pasti hal ini jadi lampu kuning. Tanda peringatan bahwa ada yang kurang tepat di sistem kerja perusahaan. Mengapa karyawan yg sudah loyal kerja bertahun-tahun masih saja menginginkan “keluar” dari pekerjaan untuk kerja di tempat lain.

Bisa jadi, kalau besok semuanya diterima semua (ami…en, samasama yuk biar terkabul) jadi PNS. Maka kantor akan kehilangan tenaga2 trampil dan berkualitasnya. Dan jadi disibukkan untuk mencari penggantinya, memasang iklan di koran, melakukan training karyawan baru, dan menjelaskan pekerjaan dari awal lagi.

Kecuali kalau memang perusahaan tersebut, selalu berusaha mencari tenaga murah dari tenaga kerja nol pengalaman dan fresh graduate. Dan mendorong tenaga kerja yang ada untuk keluar dengan sukarela tanpa phk.

Goodluck